Saturday 10 March 2018

Kuliah Jurusan Teknik Kimia Susah??? apa iyaa??

Helloo....
Apakabar hidupmu hari ini? masih pusing sama kuliah??
(sambil nanya sambil bersihin sawang di blog yang sudah lama tak ku sambangi)
yap.. udah lamaaaa banget ga nulis di blog, ga cerita lewat tulisan-tulisan yang ntah di baca atau ga, atau ntah siapa yang baca.. tapi aku harap tulisanku selalu bermanfaat untuk kalian semuaaa....

okay,... kenapa tulisan seperti ini aku post di bagian "chemical engineering" padahal kali ini aku ga mau cerita mengenai materi itu, tapi aku mau ceritain gimana sih kuliah disitu?.

sekaligus aku curhat, sekalian aku mau ungkapin apa yang aku tau dari jurusan ini, mungkin ada dari pembaca yang pengetahuannya jauuuh lebih banyak dari aku, tapi mohon dengan sangat izinkan aku yang seperti butiran debu ini mendebui ruang kecil dari dunia maya....

tahun ini, akhirnya aku menyumbangkan sekian dana lagi untuk bayar SPP yang ke 12 (DUA BELAS)!! WHAAAAT?? DUA BELAAAASSS? aku ngapain aja bisa kuliah selama ituuuuuu? yaa tapi inilah kenyataannya, dua belas semester dan aku belum lulus jugaa.....

blo'on? mungkin itu yang dipikirin banyak orang kalau tau jumlah semesterku, dan mungkin hal itu juga benar adanya... sebagian teman2 ku udah lulus dan aku masih disini, beberapa biji adik tingkatku juga sudah lulus tapi aku masih juga masih disini... reader please,... doakan aku biar cepet lulus dari sini....

kenapa aku masih disini? aku menyadari beberapa kekurangan yang aku punya, yaitu aku sedikit pemalas, buat burning up semangatku itu lamaaaaaa...... kedua aku ga pinter-pinter banget jadi aku kudu belajar berkali-kali baru nyambung, ketiga... i think this is not my soul, my passion, i just take it and be finish it 'cause i have choose it.

emang kuliah disitu susah??
enggak juga,....
terus kenapa pada lama-lama lulusnya??
aku yang belum tau pasti jawaban yang tepat dari pertanyaan itu apa, aku hanya berfikir dengan cara paling sederhana dan logis alasan dari peristiwa ini apa... menurutku, lulus lama lulus ga lama itu bukan soal jurusan tapi,.... soal usaha dan takdir.... hahahaa...
kalau mau yang ga susah ya ga usah kuliah, tapi ga kuliah ga jaminan ga susah juga....
aku sadar ketika orang-orang dihadapanku melakukan debat kusir tentang beban kuliah siapa yang paling sulit, ini dari segala macam jurusan... satu orang berkata "jurusanmu mah enak, buku bisa dapet dari mana aja, download diinternet, copy soft file dari kakak tingkat dan segala macam sumber..., nah jurusan ku harus beli buku asli yang mahal-mahal itu duitnya boros, alhasil harus hidup super irit atau cari duit tambahan buat bisa beli buku",.... "tidak sesederhana itu, buku kuyang ku download atau kami dapatkan dari berbagai sumber itu tidak ada yang isinya bahasa indonesia, kamu bayangkan saja buku setebal itu isinya bahasa inggris semua, mana banyak rumusnya.. liat penjabaran matematika atau fisika pake bahasa inggris? bahasa indonesia aja ga paham"..... "ditempat kalian belum ada apa-apanya, pernah ga kalian mengalami ga tidur berhari-hari hanya untuk menulis laporan, tulisan tangan dengan berbagai macam laporan, laporan kalian bisa kalian ketik pake laptop kan? dan masih banyak lagi keluh kesah mahasiswa kalau dibanding-bandingin sama teman-temannya....
siapa yang mau mengerti? semuanya hanya mengeluhkan yang mereka alami tanpa keluar dan jadi penonton lalu mengambil hikmah "tiap apa yang kita jalani, adalah suatu cobaan dengan berbagai macam rasa, stop mengeluh and lets do it".
so,.... kuliah dimanapun itu, jurusan apapun itu.. pasti ada kesulitannya,.. jangan takut, orang bisa kuat setelah latihan, orang bisa hebat setelah berhasil menghadapi ujian... jangan minder, karena dengan takut mengambil resiko, artinya kamu diam ditempat, tidak bergerak, tidak mendapat apa-apa kecuali kerugian.

cuma nentuin pilihan aja kok, apa yang kamu suka, ambillah, jangan lupa baca bismillah... kalo ketemu kesulitan? jangan lari, jangan kabur, hadapi, selesaikan dan temukan rintangan baru.... hidup itu layaknya game, tiap level makin susah.. kalo makin susah situasi yang kamu harus hadapi yaa berarti level kamu naik... iya kan??

Featured post

(Review) Garnier Sakura White 2 bulan pemakaian?